Buku "Sistem Informasi Manajemen: Suatu Teori, Konsep dan Implemantasi SIM bagi Perusahaan Modern yang Berbasis Teknologi Informasi dengan Beberapa Contoh Studi Kasus" karya Agus Arijanto



 
Kata Pengantar Penulis:
Pertama-tama penulis puji syukur kehadirat Allah s.w.t, atas limpahan berkah dan rahmat-Nya sehingga buku ini dapat diterbitkan, buku ini berjudul : Sistem Informasi Manajemen, Suatu Teori, Konsep dan Implemantasi SIM bagi Perusahaan Modern yang Berbasis Teknologi Informasi dengan Beberapa Contoh Studi Kasus”, di dalam buku ini disampaikan dengan materi-materi ataupun contoh-contoh kasus terkini (up to date) yaitu dengan memberikan pemahaman yang mendasar daripada konsep-konsep dasar Sistem Informasi Manajemen, Penerapan maupun implementasi sistem informasi manajemen pada perusahaan modern yang berbasis Infomasi Teknologi (IT) guna memenangkan persaingan global yang semakin ketat persaingannya.
Perkembangan Sistem Informasi Manajemen (SIM) di Indonesia sangat cepat diterima oleh organisasi dengan skala besar. Namun demikian, para pengguna yang mencoba Sistem Informasi Manajemen (SIM) pada tahap awal menyadari bahwa hambatan terbesar berasal dari para lapisan manajemen tingkat menengah sampai tingkat atas, dan bukan berasal dari manajemen tingkat bawah. Perkembangan Sistem Informasi Manajemen (SIM) masih belum lancar dan banyak organisasi mengalami kegagalan dalam aplikasinya karena adanya beberapa hambatan dan kendala. Permasalahan yang menjadi kendala dan hambatan tersebut adalah pemahaman para pemakai tentang komputer yang masih kurang, pemahaman para ahli bidang informasi tentang bisnis dan peran manajemen yang masih kurang, relatif mahalnya harga perangkat computer, dan keinginan yang besar dari para pengguna (user) yang terlalu yakin dapat membangun sistem informasi secara lengkap sehingga dapat mendukung semua lapisan manajer
Permasalahan yang menjadi penghambat dan kendala dalam perkembangan Sistem Informasi Manajemen (SIM), menjadi tantangan tersendiri bagi para pengembang Sistem Informasi Manajemen (SIM) ini. Setiap organisasi harus memahami betapa pentingnya manajemen informasi bagi perkembangan organisasi. Terdapat dua alasan utama mengapa terdapat perhatian yang besar terhadap manajemen informasi, yaitu meningkatnya kompleksitas kegiatan organisasi dan meningkatnya kemampuan komputer. Dengan tersedianya informasi yang berkualitas, tentunya juga mendorong manajer untuk meningkatkan kemampuan kompetitif (competitive advantage) organisasi yang dikelolanya.
Penyelesaian yang harus dilakukan oleh organisasi dalam menghadapi permasalahan dan kendala dari pengembangan Sistem informasi manajemen (SIM) adalah dengan memnberikan pemahaman kepada setiap anggota organisasi mengenai pentingnya Sistem informasi manajemen (SIM), memberikan pelatihan yang intensif kepada pengguna Sistem informasi manajemen (SIM), dan memberikan insentif kepada setiap anggota organisasi yang dapat memanfaatkan Sistem informasi manajemen (SIM) dengan lebih optimal.
Dengan semakin meningkat saling ketergantungan antara rencana strategis organisasi, peraturan dan prosedur di satu sisi dengan sistem informasi (software, hardware, database, dan telekomunikasi) di sisi yang lainnya. Perubahan pada satu komponen akan mempengaruhi komponen lainnya. Dalam hubungan ini menjadi sangat penting pada  saat manajemen mempunyai planning ke masa depannya. Kegiatan yang akan dilakukan pada masa yang akan datang biasanya sangat tergantung kepada sistem apa yang tersedia untuk dapat melaksanakannya. Misalnya, dalam peningkatan produktivitas kerja para pegawai sangat tergantung pada jenis dan kualitas dari sistem informasi organisasi.
Pengembangan dan pengelolaan sistem saat ini membutuhkan peran aktif dari banyak pihak di dalam organisasi, jika dibandingkan peran dan partisipasi pada masa-masa yang lalu. Dengan telah meningkatnya kecenderungan organisasi berteknologi digital, maka sistem informasi di dalam organisasi atau perusahaan yang dapat meliputi jangkauan yang semakin luas hingga kepada masyarakat, pemerintahan, swasta, dan lain sebagainya. Sistem Informasi Manajemen (SIM) berperan relatif  sangat besar dan berpengaruh di dalam organisasi sebab semakin tingginya kemampuan teknologi komputer dan semakin murahnya biaya pemanfaatan teknologi informasi tersebut. Dalam penerbitan buku ini tetunya, Penulis sangat menyadari dengan keterbatasan yang dimilikinya bahwa buku ini masih jauh daripada sempurna, sehingga segala macam bentuk saran-saran, kritik serta masukannya dari berbagai pihak sampai saat ini masih sangat diharapkan untuk kesempurnaan buku ini kedepannya.  Selanjutnya perkenankan pula kami sebagai Penulis dengan kerendahan hati, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kedua Orang Tuaku, Istriku dan Anakku dan tidak lupa pula kepada Bpk. Dr.Ir. Arissetyanto Nugroho,MM (Rektor Universitas Mercu Buana Jakarta), Para Wakil Rektor Universitas Mercu Buana, Ibu Prof. Dr. Wiwik Utama,Ak,MS. (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana Jakarta), Ibu Dr. Rina Astini,SE,MM (Kaprodi Manajemen S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana Jakarta), Bpk. Hirdrinis Mansoer,SE,MM (Sekretaris Prodi Manajemen S-1 Fak. Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana Kampus Kranggan Bekasi) dan seluruh Staff maupun karyawan di Lingkungan Universitas Mercu Buana Jakarta, maupun semua pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan satu demi satu yang telah turut membantu baik moril maupun materiil hingga buku ini dapat diterbitkan.
Pada akhinya perkenankan kami, sebagai Penulis mengharapkan semoga buku ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi semua pihak. Semoga Alloh s.w.t senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Amien

0 Response to "Buku "Sistem Informasi Manajemen: Suatu Teori, Konsep dan Implemantasi SIM bagi Perusahaan Modern yang Berbasis Teknologi Informasi dengan Beberapa Contoh Studi Kasus" karya Agus Arijanto"

Posting Komentar