Novel "Guruku Idolaku" karya Sri Arofah


Kata Pengantar Penulis:
Guru idola adalah guru yang ideal. Ideal berarti sesuai dengan yang dicita-citakan, atau diangan-angankan, atau dikehendaki (Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa 1993:365). Yang jelas menurut ukuran siswa SD, guru yang ideal adalah yang baik dan dapat menyenangkan siswanya. Ia menjadi tokoh yang diidolakan di dalam kehidupannya. Pokoknya betul-betul menyenangkan.

Peranan guru sebagai sutradara kegiatan yang menyenangkan dapat diwujudkan dengan menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan. Di sekolah, guru juga dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang beragam sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa. Inovasi pembelajaran dan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar sering membuat siswa merasa betah di sekolah sehingga meningkatkan hasil belajar.

Penulis sebagai guru telah berusaha mencapai keadaan yang ideal, tapi belum sepenuhnya tercapai. Sehingga, penulis masih mempunyai mimpi menjadi guru idola yang entah kapan akan terwujud.

Buku Guruku Idolaku ini merupakan buku yang menceritakan tentang pengalaman penulis sebagai seorang guru SD yang dipermanis dengan mimpinya sebagai guru yang diidolakan siswanya. Pengalaman penulis saat mengikuti lomba inovasi pembelajaran terangkum dalam salah satu judul pada buku ini.

Dengan metode penyajian yang deskriptif edukatif, mudah-mudahan membuat buku ini menarik untuk dibaca dan dapat menambah pengetahuan para pembacanya.

0 Response to "Novel "Guruku Idolaku" karya Sri Arofah"

Posting Komentar