Buku "Panduan Praktis Data Base MYSQL di Linux untuk SMK" oleh Syamsul Jamal

 
Kata Pengantar Penulis:

Saat ini dunia komputer Indonesia sedang kencang menyoroti bagaimana menggunakan software / sistem operasi yang legal. Menghargai hak cipta sebagai mana yang tertuang dalam Undang- Undang, membuat beberapa orang berpikiran untuk menggunakan software yang legal. Software tersebut diharapkan mampu menekan arus pembajakan yang saat ini menjadi – jadi. Beberapa software alternatif pun mulai bermunculan baik yang berasal dari luar negeri sampai produk lokal. Nah, salah satu software legal (untuk saat ini) yang sangat fenomenal adalah MySQL Database.

MySQL menjadi fenomenal karena legal untuk digunakan secara gratis serta kemampuannya menghandle data yang luar biasa besar. Dan yang lebih fenomenal lagi adalah kemampuannya untuk dijalankan pada lintas platform baik linux maupun windows serta OS lainnya.

Terdorong dari rasa “frustasi” saya mencari buku yang secara khusus membahas beberapa software yang berjalan pada OS linux , coba anda bisa perhatikan sendiri. Kebanyakan buku-buku yang ada ditoko buku hampir semuanya berjalan pada salah satu OS tertentu. Nah, hal inilah yang mencari sumber inspirasi saya untuk membuat buku yang berjudul “Panduan Praktis MySQL di Linux untuk Pemula”.

Buku panduan praktis yang saya harapkan dapat memberikan semangat generasi tua maupun muda Indonesia untuk lebih bisa nyaman menggunakan OS Linux. Tanpa ada rasa bingung dan khawatir tidak dapat mengoprasionalkan / menggunakan OS Linux.

Dan pada buku saya kali ini, saya menggunakan Debian Linux. Kenapa Debian? Karena saya pikir inilah produk luar yang saat ini paling populer dan mempunyai kemampuan yang powerfull. Serta memiliki dokumentasi serta tim pengembang yang komplit.

Pada buku saya kali ini saya bagi kedalam 10 Chapter, yaitu :

Chapter 1: Tentang MySQL, membahas tentang MySQL serta beberapa keunggulan MySQL.

Chapter 2: Instalasi dan Konfigurasi, membahas tentang bagaimana melakukan instalasi MySQL dengan menggunakan XAMPP for Linux dan mengkonfigurasi pada sistem Linux.

Chapter 3: Memulai MySQL, membahas tentang bagaimana memulai menggunakan database MySQL. Membuat dan mengelola database. Serta mengenal tipe data pada MySQL.

Chapter 4: Bergaul dengan Tabel, Membahas bagaimana membuat serta mengelola tabel.

Chapter 5: Mengolah data pada MySQL, membahasa tentang cara mengelola data pada database MySQL.

Chapter 6: Operator Aritmatika, Operator Logika dan Operator Pembanding , membahas beberapa operator yang dapat digunakan untuk melakukan pengolahan data pada MySQL.

Chapter 7: Fungsi-fungsi dalam MySQL, membahas tentang fungsi-fungsi apa saja yang dapati digunakan untuk melakukan pengolahan data.

Chapter 8: Relasi Antar Tabel, membahas mengenai relasi antar tabel serta mengolah data pada tabel 2 tabel atau lebih.

Chapter 9: Management User MySQL, membahas mengenai pengelolaan pengguna MySQL. Menambah, menghapus serta memberikan ijin akses kepada pengguna.

Chapter 10: Penutup. Merupakan penutup dari buku ini.

Semoga apa yang saya tulis ini menjadi penyemangat bagi rekan-rekan untuk aktif dalam menulis buku terutama sekali buku-buku yang berhubungan dengan operasi Linux. Karena masih banyak sekali buku-buku tentang Linux yang lebih cenderung Linux sebagai Server bukan kepada penggunaan secara operator.

Penulis menyadari masih sangat banyak kekurangan disana sini dalam buku ini. Segala bentuk kritik dan saran akan saya terima dengan senang hati. Saya harapkan kritik dan saran dari sobat semua terus menerus disampaikan kepada saya.

Agar kedepannya dapat menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Dan juga saya berharap ada sobat yang dapat dijadikan media diskusi untuk menambah dan mengasah pengetahuan saya.


0 Response to "Buku "Panduan Praktis Data Base MYSQL di Linux untuk SMK" oleh Syamsul Jamal"

Posting Komentar